Pengertian Dan Langkah-langkah Model Analisis Konsep (Concept Analysis Model)



Model pembelajaran analisis konsep (concept analysis model) merupakan model pembelajaran yang sifatnya membelajarkan siswa mengenai bagaimana memproses informasi yang berkaitan dengan pelajaran. hal ini berlandaskan dari asumsi yang menyebutkan bahwa siswa sekolah dasar harus mempelajari semua konsep dasar yang terkandung dalam satuan bidang studi. Para siswa harus diberikan kesempatan praktik yang terarah dan tersusun secara tepat tentang klasifikasi dan diskriminasi. Pemberian kesempatan berpraktik bertujuan agar siswa memiliki landasan yang kuat ke arah jenjang pendidikan selanjutnya.
Adapun langkah-langkah penggunaan model pembelajaran analisis konsep sebagai berikut.
1.   Memilih dan menelaah konsep-konsep yang akan diajarkan. Dalam tahap ini, guru merencanakan dan memilih konsep-konsep yang berkaitan dengan mata pelajaran yang akan disampaikan sesuai dengan kemampuan dan tingkat perkembangan siswa.
2.  Memilih, mengembangkan, dan menggunakan strategi-strategi yang tepat sesuai dengan materi yang akan diajarkan guru. Dalam tahap ini guru mencari dan menggunakan strategi dalam kegiatan belajar mengajar, agar memperoleh indikator yang diharapkan sesuai dengan materi yang sudah disiapkan oleh guru pada sebelumnya.
3.  Memilih, mengembangkan, dan menggunakan prosedur penilaian yang tepat. Pada langkah ini guru dapat memilih dan menentukan sebuah penilaian sebagai bahan evaluasi terhadap hasil pencapaian siswa dan menganalisis keefektifan penggunaan model ini terhadap tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat terlaksana dengan baik atau tidak.
Dari penjabaran tersebut di atas, model pembelajaran analisis konsep (Concept Analysis Model) lebih menekankan terhadap mata pelajaran dan pemprosesan informasi dengan pemilihan mata pelajaran IPS, Matematika, dan IPA sebagai mata pelajaran yang cocok untuk diterapkan pada model ini.