Pengertian Dan Langkah-langkah Model Pembelajaran Type TGT (Teams Games Tournaments)



Menurut Saco, 2006 (dalam Rusman, 2012:224), secara umum pengertian model TGT merupakan model pembelajaran yang menitikberatkan keaktifan siswa dalam memainkan permainan (game) yang dikemas dengan membentuk anggota-anggota tim lain untuk memperoleh skor bagi tim mereka masing-masing. pembelajaran yang dikemas dengan proses permainan ini dapat disusun oleh guru dalam bentuk kuis yang berupa pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang akan diberikan guru.
Tata cara permainan pada model pembelajaran type TGT (Teams Games Tournament) ini berupa pertanyaan-pertanyaan yang ditulis pada kartu yang diberi angka. Tiap siswa mengambil sebuah kartu yang diberi angka tadi dan berusaha untuk menjawab pertanyaan tentunya sesuai dengan angka tersebut. guru diharapkan memperhatikan semua tingkat kemampuan dari tiap siswa untuk menyumbangkan poin bagi kelompoknya. Artinya, soal sulit diberikan kepada siswa yang pintar, dan soal mudah diberikan kepada siswa yang kurang pintar. Hal ini dimaksudkan agar semua siswa mempunyai kemungkinan memberi skor bagi kelompoknya.
Dari ulasan di atas, maka dapat dipahami bahwa model pembelajaran type TGT (Teams Games Tournament) merupakan salah satu type pembelajaran kooperatif yang menempatkan siswa dalam kelompok-kelompok belajar yang beranggotakan 5 sampai 6 orang yang memiliki tingkat kemampuan berbeda-beda, jenis kelamin, dan ras yang berbeda. Guru menyajikan materi dan siswa bekerja dalam kelompok mereka masing-masing. dalam kerja kelompok, guru memberikan LKS kepada setiap kelompok, kemudian LKS dikerjakan secara bersama-sama dengan kelompoknya. apabila ada salah satu dari anggota kelompok yang tidak mengerti denga tugas yang diberikan, maka anggota kelompok yang lain bertanggung jawab untuk memberikan jawaban atau penjelasan.
Model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) ini memiliki langkah-langkah sebagai berikut
1.    guru menyajikan kelas dengan menyampaikan tujuan pembelajaran dan materi yang akan dibahas (Class Presentation)
2.    belajar dalam kelompok (teams). membentuk kelas menjadi beberapa kelompok.
3.    permainan (games). siswa memulai melakukan permainan
4.    pertandingan (tournament)
5.    penghargaan kelompok (team recognition)