Menurut Saco, 2006 (dalam Rusman, 2012:224), secara umum pengertian model TGT merupakan model pembelajaran yang menitikberatkan keaktifan siswa dalam memainkan permainan (game) yang dikemas dengan membentuk anggota-anggota tim lain untuk
memperoleh skor bagi tim mereka masing-masing. pembelajaran yang dikemas dengan
proses permainan ini dapat disusun oleh guru dalam bentuk kuis yang berupa
pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang akan diberikan guru.
Tata cara permainan pada model pembelajaran type TGT (Teams
Games Tournament) ini berupa pertanyaan-pertanyaan yang ditulis pada kartu yang
diberi angka. Tiap siswa mengambil sebuah kartu yang diberi angka tadi dan
berusaha untuk menjawab pertanyaan tentunya sesuai dengan angka tersebut. guru
diharapkan memperhatikan semua tingkat kemampuan dari tiap siswa untuk
menyumbangkan poin bagi kelompoknya. Artinya, soal sulit diberikan kepada siswa
yang pintar, dan soal mudah diberikan kepada siswa yang kurang pintar. Hal ini
dimaksudkan agar semua siswa mempunyai kemungkinan memberi skor bagi
kelompoknya.
Dari ulasan di atas, maka dapat dipahami bahwa model
pembelajaran type TGT (Teams Games Tournament) merupakan salah satu type
pembelajaran kooperatif yang menempatkan siswa dalam kelompok-kelompok belajar
yang beranggotakan 5 sampai 6 orang yang memiliki tingkat kemampuan berbeda-beda,
jenis kelamin, dan ras yang berbeda. Guru menyajikan materi dan siswa bekerja
dalam kelompok mereka masing-masing. dalam kerja kelompok, guru memberikan LKS
kepada setiap kelompok, kemudian LKS dikerjakan secara bersama-sama dengan
kelompoknya. apabila ada salah satu dari anggota kelompok yang tidak mengerti
denga tugas yang diberikan, maka anggota kelompok yang lain bertanggung jawab
untuk memberikan jawaban atau penjelasan.
Model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) ini
memiliki langkah-langkah sebagai berikut
1.
guru menyajikan kelas dengan menyampaikan tujuan
pembelajaran dan materi yang akan dibahas (Class Presentation)
2.
belajar dalam kelompok (teams). membentuk kelas menjadi
beberapa kelompok.
3.
permainan (games). siswa memulai melakukan permainan
4.
pertandingan (tournament)
5.
penghargaan kelompok (team recognition)
EmoticonEmoticon