Pengertian Dan Langkah-langkah Model Pembelajaran Kooperatif Type STAD (Student Teams Achievement Division)



Model pembelajaran kooperatif  type STAD (Student Teams Achievement Division) merupakan variasi dari jenis model pembelajaran kooperatif yang sudah diulas pada segmen sebelumnya. Namun pada prinsip dasarnya model ini tidak jauh berubah. Model STAD dikembangkan oleh peneliti dari Universitas John Hopkin yaitu yang bernama Robert Slavin bersama teman-temannya. Model ini paling banyak diteliti karena mudah untuk diadaptasi, dan telah digunakan dalam berbagai mata pelajaran seperti matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris dan banyak subjek lainnya.
Menurut Slavin (dalam Rusman, 2012:214), mengemukakan bahwa model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) merupakan variasi pembelajaran kooperatif yang memacu siswa agar saling mendorong dan membantu satu sama lain untuk menguasai keterampilan yang diajarkan oleh guru. dalam model STAD, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dengan beranggotakan masing-masing empat orang yang beragam kemampuan, jenis kelamin, dan suku/ras. selama pemberian materi, siswa-siswa di dalam kelompok memastikan bahwa semua anggota kelompoknya bisa menguasai materi. kemudian semua siswa menerima kuis secara perorangan dengan materi yang sudah dibahas di dalam kelompok tadi. Namun mereka tidak boleh saling membantu lagi satu sama lainnya. nilai hasil kuis tersebut kemudian dibandingkan dengan nilai rata-rata mereka sendiri yang diperoleh dari sebelumnya.
Adapun langkah-langkah pada model pembelajaran kooperatif type STAD (Student Teams Achievement Division) adalah sebagai berikut.
1.    Penyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
2.    Pembagian kelompok
3.    Guru melakukan presentasi
4.    Siswa melakukan kegiatan belajar dalam bentuk tim (kerja tim)
5.    Kuis (evaluasi)
6.    Penghargaan prestasi tim
   setelah guru melakukan kuis, selanjutnya memeriksa hasil kerja siswa dengan menggunakan 3 penghitungan secara individu, secara kelompok, dan penghitungan secara pengakuan skor kelompok.
Model pembelajaran kooperatif type STAD merupakan suatu metode generik tentang cara-cara pengaturan kelas dan bukan sebuah metode dengan pengajaran yang komprehensif pada subjek tertentu, tetapi guru menggunakan pelajarannya dengan materi yang dikemas oleh mereka sendiri.