Download aplikasi KKM (kriteria Ketuntasan Minimal) Kurikulum 2013 SD/MI

Pengertian KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)
Apa sih KKM itu? KKM (kriteria ketuntasan minimal) adalah merupakan ambang batas ketuntasan minimal pada pencapaian tingkat daya serap belajar para peserta didik. Kkm (kriteria ketuntasan minimal) juga dikatakan sebagai patokan dan tolak ukur serta target pencapaian minimal yang harus dicapai oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran selama satu semester.
Pada kurikulum 2013 revisi 2017, patokan dalam menentukan KKM (Kriteria ketuntasan minimal) ini berbeda dengan kurikulum KTSP. Bagi anda (Bapak/ibu guru) di SD/MI yang sudah melaksanakan kurikulum 2013, tentunya pasti sudah paham bagaimana cara menentukan KKM (kriteria ketuntasan minimal) tersebut.
Agar bapak/ibu guru SD/MI tidak repot-repot menentukan KKM (Kiteria ketuntasan minimal) dengan cara manual, kini sudah ada aplikasi dalam menentukan KKM (kriteria ketuntasan minimal). Sehingga dalam pengerjaannya di sekolah-sekolah bapak/ibu guru lebih mudah dan lebih efisien.

Berikut ini link untuk mendownload aplikasi KKM (kriteria ketuntasan minimal) yang dapat anda gunakan agar pekerjaan bapak/ibu guru lebih mudah dan lebih cepat.
Dasar-dasar Penetapan KKM
  1. Intake (kemampuan rata-rata peserta didik). Pada penetapan KKM di Kelas 1 dapat didasarkan pada hasil seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), tes seleksi masuk, atau psikotes. Sedangkan untuk penetapan KKM pada Kelas 2,3,4,5, dan 6 didasarkan pada tingkat pencapaian KKM peserta didik pada semester atau kelas sebelumnya.
  2. Kompleksitas (mengidentifikasi indikator sebagai penanda tercapainya kompetensi dasar).
  3. Kemampuan daya pendukung (berorientasi pada sumber belajar yang dimiliki masing-masing satuan pendidikan).
  4. KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran oleh satuan pendidikan berdasarkan hasil musyawarah guru kelas/mapel di satuan pendidikan.
  5. Ketuntasan Belajar setiap indikator yang telah ditetapkan dalam suatu kompetensi dasar berkisar antara 0 – 100%.
  6. Nilai KKM dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat dengan rentang  0 – 100.
  7. Sekolah dapat menetapkan KKM di bawah nilai ketuntasan belajar maksimal, dan berupaya secara bertahap meningkatkan untuk mencapai ketuntasan maksimal.
  8. Nilai KKM harus dicantumkan dalam Laporan Hasil Belajar Peserta didik.
Langkah-langkah Penetapan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)
  1. Hasil penetapan KKM oleh guru atau kelompok guru mata pelajaran disahkan oleh kepala sekolah untuk dijadikan patokan guru dalam melakukan penilaian.
  2. KKM yang ditetapkan disosialisaikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan, yaitu peserta didik, orang tua, dan dinas pendidikan.
  3. KKM dicantumkan dalam LHB pada saat hasil penilaian dilaporkan kepada orang tua/wali peserta didik.
Di atas contohPenetapan KKM untuk dimasukkan menjadi nilai
Berikut di bawah contoh penetapan KKM Pada muatan pelajaran PPKn
Demikian postingan saya kali ini semoga bermanfaat

Share this

Previous
Next Post »